Dijagokan Lima Parpol, Ini Sosok FDW

oleh -37 views

SUARASULUT.COM,MINSEL-Franky Donny Wongkar SH (FDW) yang menggandeng Pdt Petra Yani Rembang (PYR) dalam bursa pencalonan Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tahun 2020.
Pasangan calon (Paslon) tersebut diusung oleh 5 partai, yakni PDI-P, Perindo, PSI, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

FDW mengaku, punya alasan kuat untuk maju pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Minsel 2020. FDW menyoroti berbagai permasalahan yang ada dan berupaya mengoptimalkan potensi yang dimiliki Kabupaten Minsel.
Pria yang lahir di Amurang 01 Februari 1966 ini, sejak kecil menempuh pendidikan di Amurang, Yakni SD Katolik RK Amurang, SMP 2 Negery Amurang, dan SMA Negeri 162 Amurang.

Setelah lulus SMA pada tahun 1997, FDW ke kota Manado dan meneruskan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dan berhasil mendapatkan gelar sarjana.
FDW memiliki berbagai pengalaman organisasi diantaranya sebagai Direktur YLBH-LBH Manado tiga periode mulai dari tahun 1996-2020, Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Sulut yang memenangkan gugatan ibu Megawati Soekarnoputri, Ketua DPD Ikadin Manado, Wakil Ketua DPC PDI-P Minsel, Anggota DPRD Sulut 3 Periode (2004-2015), Ketua Dewan Daerah WALHI Sulut, Sekretaris DPD PDI-P Sulut 4 Periode sejak 2005-hingga sekarang, dan Wakil Bupati Minsel periode 2016-2021.

Terkait pencalonan sebagai Bupati Minsel 2021-2026, politisi lulusan Fakultas Hukum Unsrat Manado ini menaruh perhatian lebih pada isu ketahanan pangan, kelompok pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan industri pariwisata.

Sejak menjabat anggota DPRD Sulut, FDW pun kerap turun ke desa-desa untuk melakukan interaksi dengan para petani dan pelaku industri pangan skala kecil. Tidak hanya itu, ayah tiga anak dan satu cucu ini juga tidak lupa meluangkan waktu untuk berbaur dengan masyarakat, petani dan nelayan dengan tidak memandang buluh.
Sebelumnya, FDW pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati pada Pilbup Kabupaten Sleman 2010 lalu. Kala itu, FDW berpasangan dengan Ir Farry Liwe. Namun, Paslon yang diusung PDI-P tersebut kalah dari pasangan Christiany Eugenia Paruntu SE dan Drs Sonny Frans Tandayu, Selanjutnya pada Pilkada 2015 FDW kembali bertarung sebagai Calon Wakil Bupati mendampingi Christiany Eugenia Paruntu SE dan mereka berhasil menang sebagai Bupati dan Wabup Minsel 2016 – 2021.

Dan saat ini pada 2020, FDW kembali bertarung sebagai Cabup Minsel Periode 2021 – 2026 berpasangan dengan Cawabup Pdt Petra Yani Rembang atau PYR.(rds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *