Hirsan Bikin Inovasi Mesin perontok Cengkih

oleh -120 views

SUARASULUT.COM, BOLSEL- Hirsan itulah sapaan akrabnya warga Desa Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dengan frofesi sebagai guru sekaligus kepala sekolah di desanya yang tertinggal jauh dari kata maju bahkan berkembang ini , dia telah menciptakan sebuah inovasi baru telah membuat masarakat di desanya tercengang, karena kepiawaianya membuat alat memisahkan cengkeh dari gagangnya.

Hirsan Mooganga berprofesi Kepala Sekolah di SDN 3 Momalia ini berinisatif membuat alat prontok cengkeh karena sebagian besar masarakat di desanya petani cengkeh. Bahkan daerahnya adalah salah satu penghasil cingkeh di Sulawesi Utara, Itulah membuat Hirsan termotivasi membuat alat tersebut dengan harapan petani di desanya dan umumnya di kabupaten bolsel dapat terbantukan dengan adanya alat ini.

Ide ini berawal dari sebuah pengalaman pribadinya ketika ingin mengeluarkan cengkeh dari gagangnya. Ketika meliat sangat istri amat kesulitan ketika sedang memisahkan buah cingkeh tersebut dari tangkai cingkeh.

“Di tahun 2019 kemarin saya melihat istri saya kesulitan dan letih ketika sedang mengeluarkan gagang dari buah cingkeh. Saat itulah saya berinisiatif membuat alat untuk dapat memudahkan istri saya ketika sedang mengeluarkan buah cingkeh dari tangkai,” ujar Hirsan.

iya pun mengataka memang tak mudah ketika membuatnya karena membutuhkan waktu lama dan mengeluarkan bajet cukup besar. “Karena berulang ulang kali mengalami sebuah kegagalan dalam melakukan pembuatan mesin ini” Ungkapnya

“Kurang lebih 6 bulan saya melakukan percobaan pada alat ini. Tapi saya tidak pernah patah semangat ataupun menyerah karna saya tau ketika alat ini jadi dan bisa di gunakan pasti sangatlah bermanfaat bagi istri saya, masarakat yang ada di desa saya kususnya bahkan di kabupaten bolsel yang saya cintai ini.” Tambahnya

“Harapan saya alat ciptaan saya ini bisa di gunakan oleh banyak orang bahkan bukan hanya di daerah saya tetapi di daerah lain”. Ucap Hirsan Moogangga yang juga sebagai pengurus majelis daerah kami kabupaten Bolsel.(jamal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *