Waspada? Berita Hoax Makin Marak Jelang Pencoblosan Pilkada Minsel

oleh -58 views

SUARASULUT.COM,MINSEL-Pemilihan Gubernur – Wakil gubernur Sulawesi Utara Sulut) dan pemilihan Bupati – wakil bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sebentar lagi akan memulai babak baru. Mengingat tinggal sepuluh hari lagi masyarakat Minsel kan mencoblos dan memilih pemimpin pilihannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).
Mendekati masa pemilihan yang jatuh pada 9 Desember 2020 itu, Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi (Samrat) Manado DR Fanley Pangemanan S. Sos, MSi mengimbau kepada warga Minsel agar tidak mudah percaya dengan segala bentuk informasi yang tidak benar alias hoax.
“Yang perlu diwaspadai adalah fitnah, kampanye hitam via medsos. Dan berita hoax,” kata Pangemanan.
Mantan Ketua KPU Minsel ini menerangkan berita hoax memang belakangan ini sering muncul terutama di media sosial (Medsos) dan menimbulkan permasalahan tersendiri untuk masyarakat dan negara. Pasalnya, kemajuan teknologi Medsos memang bak dua mata pisau saat ini.
Selain hoax, Pangemanan juga menyatakan isu Suku, Agama, Ras dan Antar-Golongan (SARA) juga harus diwaspadai disaat masa menjelang pemilihan seperti saat ini.
“Meskipun dalam debat tidak muncul SARA, tetapi di lapangan SARA dan kampanye hitam terus ditebar,” jelasnya.
Menurut putra Desa Lompad Baru Kecamatan Ranoyapo Minsel ini, jika masyarakat termakan dan percaya dengan berita hoax ataupun kampanye hitam maka akan butuh waktu yang lama mengembalikkan kedamaian seperti sediakala.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *