Bawaslu Minsel Panggil Ketua Komisi IX DPR-RI dan Cabup Minsel MEP

oleh -131 views

SUARASULUT.COM,MINSEL-Bawaslu kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dikabarkan telah mengagendakan untuk melakukan pemanggilan terkait dugaan pelanggaran dalam Pilkada 2020.
Agenda pemanggilan ini disiapkan Bawaslu Minsel menyusul munculnya laporan masyarakat di Bawaslu Minsel pada (26/10/2020) siang tadi.
Laporan ini atas dugaan pelanggaran terkait pembagian sejumlah sembako yang bertuliskan lembaga negara pada saat kegiatan konsolidasi dan pelantikan tim pemenangan calon Bupati dan Cawabup Minsel nomor urut 1 yakni dr Michaela Elsiana Paruntu dan Ventje Tuela (MEP-VT) di wilayah Amurang.
Menurut Kordiv Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Minsel Franny Sengkey, saat ini pihaknya sementara menangani masalah ini termasuk menyiapkan agenda pemanggilan sejumlah pihak yang dilaporkan termasuk Felly E Runtuwene (FER) selaku Ketua Komisi IX DPR – RI dan Michaela E Paruntu selaku Ketua Golkar Minsel sekaligus calon bupati Minsel.
“Ya, kami telah menyiapkan agenda pemanggilan kepada Ketua Tim pemenangan yang juga Ketua Komisi IX DPR-RI atas laporan pelanggaran yang dilaporkan oleh masyarakat,” ujarnya.
Lanjut Dia Mengatakan bahwa, tidak hanya Ketua Komisi IX DPR-RI yang akan mereka panggil, akan tetapi ketua DPD II Golkar yang juga Cabup Minsel akan mereka panggil untuk dimintai keterangan.
“Cabup MEP juga akan kami panggil, karena pembagian bantuan dari pemerintah pusat yakni dari BNPB itu pas peryepatan pada acara konsolidasi dan pelantikan tim pemenangan MEP-VT di wilayah Amurang.
Diketahui pada berita sebelumnya, Penyerahan bantuan sembako dari Pemerintah Pusat bagi warga Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang terdampak Covid-19.
Seperti halnya Bansos dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diduga dimanfaatkan salah satu calon kepala daerah sebagai sarana kampanye pemilihan bupati Minsel.
Dugaan ini lantaran Bansos yang berisi bahan pangan dari BNPB Pusat dibagikan dilokasi dan pada saat sosialisasi pasangan calon (Paslon) Mikhaela E Paruntu-Ventje Tuela (MEP-VT) sepanjang pekan kemarin.
Dugaan pemanfaatan bantuan sebagai sarana kampanye terlihat dari video yang diunggah di sejumlah akun media sosial seperti Facebook dan WhatsApp dari masyarakat yang hadir pada acara tersebut.
Dalam video tersebut, bantuan tersebut dibagikan langsung oleh Ketua Tim pemenangan Calon Bupati dan wakil Bupati Minsel dr Michaela Elsiana Paruntu dan Ventje Tuela (MEP-VT) yang juga Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene pada acara sosialisasi Paslon MEP – VT.
Meskipun dalam video tersebut terekam Felly E Runtuwene yang merupakan Ketua Tim pemenangan MEP – VT mengatakan, bantuan tersebut merupakan program kementrian kesehatan untuk peningkatan gizi Indonesia terkait Pandemi Covid-19. Yang isinya adalah kacang tanah, kacang hijau, ikan kaleng, terigu dan minyak goreng. Bantuan itu dibungkus di kantong putih diserahkan secara simbolis kepada lima orang perwakilan yang hadir.(rds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *