Pilkada Tengah Pandemi, Bawaslu Provinsi Sulut Sosialisasi Perbawaslu No 4 Tahun 2020

oleh -87 views

SUARASULUT.COM,BOLTIM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Propinsi sulawesi Utara, (Selasa 29/9/2020), menggelar Sosialisasi Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) no 4 tahun 2020 tentang pengawasan, penanganan pelanggaran, dan penyelesaian sengketa pemilihan kepala daerah serentak lanjutan dalam kondisi non-alam COVID 19.

Komisioner Supriyadi pangellu, SH. Ketua divisi hukum data dan informasi dalam sambutanya mengatakan sosialisasi ini bertujuan sekaligus mengedukasi masyarakat dalam menyesuaikan pilkada dalam situasi pandemi ini.

“Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat sadar dan taat dalam menggunakan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak seperti yang sudah tertuang dalam Perbawaslu no 4 tahun 2020,” ujarnya.

Hal serupa juga di katakan ketua divisi penyelesaian sengketa Awaludin Umbola, S.Hut. Bahwa Perbawaslu ini sudah di sosialisasikan secara masif oleh divisi hukum.

“Perbawaslu ini keluar pasca tahapan ini dimulai, artinya kewenangan yang dimiliki Bawaslu dilakukan, dijalani sesuai protokol kesehatan penangan Covid 19,tidak boleh ada yang tidak sesuai protokol kesehatan,” ungkapnya.

Hal ini meliputi bagaimana mekanisme pelanggaranya, bagaimana penyelesaian sengketanya, bagaimana proses klarifikasinya.

“Proses penyesuaian ini membutuhkan waktu, proses menggunakan masker ini sehari-hari tidak semudah membalikan telapak tangan selanjutnya Kepolisian, SatPol PP ataupun ormas dapat membantu mengitkan masyarakat,” tuturnya.(fahri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *