KPU Minta Warga Pro Aktif Cek Daftar Nama di DPT

oleh -19 views

SUARASULUT.COM,MINSEL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) meminta masyarakat untuk melakukan pengecekan nama mereka, apakah sudah terdaftar sebagai pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Minsel.Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga kepada media ini.

Menurut Sambuaga agar tidak ada masyarakat yang kehilangan hak pilihnya untuk memilih pemimpin daerah lima tahun ke depan.
Saat ini daftar tersebut sudah ditempelkan di kantor Desa dan kelurahan masing-masing wilayah dan diumumkan lewat pengeras suara oleh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa dan Kelurahan.

Lanjut Dia, masyarakat bisa langsung melakukan koreksi nama-nama tersebut, jika ada nama atau alamat yang salah dituliskan dalam DPT.
Selain itu, masyarakat juga bisa mengetahui apakah ada nama-nama pemilih yang tidak jelas asal-usulnya, tapi terdaftar di tempat mereka.

“Masyarakat harus proaktif mengecek apakah mereka sudah ada dalam DPT. Selain itu, peran masyarakat juga sangat penting dalam koreksi DPT. Untuk itu, kami meminta dan mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi pemilih yang sudah terdaftar di DPT,” katanya.

Lanjut Dia, jika ditemukan adanya kesalahan dalam DPT, masyarakat bisa melaporkan ke Panitia Pemungutan Suara di masing-masing Desa dan kelurahan, untuk kemudian diteruskan sebagai hasil temuan dan akan dikoreksi hingga di tingkatan KPU Minsel maupun di Provinsi.

Masyarakat sendiri bisa melakukan koreksi daftar pemilih tetap hingga tanggal 6 Desember atau H-3 sebelum hari pencoblosan. Selain itu, untuk masyarakat yang masuk kategori sebagai pemilih aktif tapi belum terdaftar, Sambuaga mengaku kapan saja bisa melapor untuk dimasukan sebagai daftar pemilih.

“Intinya disini, KPU tidak ingin ada satu pemilih pun yang tidak terdaftar dalam Pilkada ini. Tapi, KPU juga tidak ingin ada pemilih yang bukan berasal dari Minsel kemudian masuk sebagai pemilih. Untuk itu, kami butuh kerjasama dari masyarakat untuk memantau hal tersebut,” tandasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *