Pjs Bupati M2O: Kepsek tak Netral, Saya Copot dari Jabatan

oleh -22 views

SUARASULUT.COM,MINSEL-Seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) baik Kepsek SD maupun SMP diminta untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Hal itu disampaikan oleh PJs Bupati Minsel Drs Meiki M Onibala MSi (M2O) saat mengelar tatap muka dengan ratusan Kepsek yang digelar di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel Selasa (27/10/2020) pagi tadi.

“Silahkan pergunakan hak pilih sesuai aspirasi masing-masing, tetapi secara kelembagaan PGRI agar menjaga netralitasnya. Guru-guru berstatus PNS juga jangan berpihak ke salah satu calon,” kata Bupati.

Apalagi kalau ada Kepsek yang ikut membagikan masker, panji atau baliho para calon, itu melanggar aturan.
Dalam aturan, Dia mengatakan, ASN yang terbukti melanggar netralitas akan dikenai sanksi ringan maupun berat.
“Sanksinya ada penundaan kenaikan pangkat, penurunan pangkat hingga yang paling berat adalah pemecatan,” tandasnya.

Untuk itu Onibala mengingatkan Kepsek untuk konsentrasi dalam tugas masing-masing.”Jangan ada yang jadi tim sukses. Saya dapati, saya gunakan diskresi saya untuk mengganti anda,” tukasnya.

Namun, jika ada kepsek yang tidak mau menjaga netralitas dan tetap bergerak menjadi tim sukses, Bupati M20 mengatakan tidak lagi memberikan teguran dan akan langsung menggantinya.

“Kalau tidak percaya, coba jo tes,” kata M20 mengingatkan.Selain nasihat keras, Dia juga berjanji untuk tidak mengganti kepsek yang bekerja profesional.

“Tapi tidak perlu takut. Kalau kalian bekerja dengan baik, saya jamin kalian tidak akan diganti,” imbuhnya.
Teguran keras M2O, akhirnya diterima ratusan kepsek. Itu dilihat dari respon mereka terhadap sambutan Bupati M20. Belasan kali aplaus dan tawa mewarnai sambutannya.

Pada akhirnya, semua Kepsek berkomitmen untuk menjaga netralitas.
“Setuju untuk menjaga netralitas,” tanya Bupati.

“Setuju,” jawab ratusan Kepsek.
Kegiatan itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Fietber Raco, Staf Khusus Gubernur Ferry Sangian, serta sejumlah kepala bidang di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Minsel.(rds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *