Bolmut Peringkat Pertama Pengelolaan Dana Desa Tahun 2019

oleh -128 Dilihat
oleh

SUARASULUT.COM,BOLMUT– Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh menghadiri Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2020.
Kepala Kanwil Direkrorat Jenderal Perbendaharan Negara Provinsi Sulut Muhdi SE. S.IP. MIS. PhD dalam sambutannya mengatakan acara ini monumental, dimana DIPA merupakan dokumen acuan untuk memulai kegiatan pembangunan oleh Pemerintah.
Pada Tahun 2020 nanti Pemerintah akan fokus dipembangunan SDM, infrastruktur, penyerdahaan regulasi, dan penyerdahanaan birokrasi.
Adapun transfer APBN di Provinsi Sulut mencapai Rp 24,3 triliun. Alokasi dana untuk unit vertikal sebesar Rp 9,7 triliun untuk 24 Kementerian/lembaga di Sulut. Sementara transfer daerah dan Dana Desa kepada Bupati/Walikota se Provinsi Sulut sebesar Rp 14.6 triliun.
Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE dalam sambutannya menyampaikan dengan diserahkannya DIPA dan Dana Transfer ke Daerah serta Dana Desa TA 2020 ini, diharapkan pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran dapat berlangsung lebih tepat waktu, lebih merata, dan memberikan dampak multiplikasi yang lebih besar kepada pembangunan perekonomian Sulut.
Dikatakannya Presiden Joko Widodo berpesan agar belanja APBN bisa men-trigger pertumbuhan ekonomi seawal dan secepat mungkin. Karenanya diharapkan proses lelang dapat sesegera mungkin dilaksanakan sehingga pada bulan Januari pekerjaan dapat dimulai.
Dirinya mengingatkan para Bupati dan Walikota untuk memastikan setiap rupiah dari APBN 2020 betul-betul digunakan untuk kesejahteraan masyarakat sampai ke tingkat desa.
diinstruksikan agar penggunaan dana desa lebih difokuskan pada upaya pengentasan kemiskinan serta mengutamakan pelaksanaan secara swakelola dan padat karya yang menggunakan bahan baku lokal, dan lebih banyak menyerap tenaga kerja dari masyarakat desa setempat. Untuk mewujudkan tata kelola dana desa yang akuntabel dan tepat sasaran, perlu adanya koordinasi dari semua pihak, utamanya koordinasi antara Satuan Kerja Kementerian/Lembaga dan organisasi Perangkat Daerah.
Dalam Kesempatan tersebut, Bupati Bolmut menerima piagam penghargaan Menteri Keuanga RI atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2018 dengan Opini WTP yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE.
Bupati Bolmut juga menerima piagam penghargaan Kanwil Dirjen Perbendaharaan Negara Provinsi Sulut sebagai Peringakat Pertama atas Pengelolaan Dana Desa Tahun 2019 dan Peringkat Kedua atas pengelolaan DAK Fisik Tahun 2019.(ano)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.