Pembangunan Jalur Kereta Api Manado-Bitung Dimatangkan

oleh -127 Dilihat
oleh

SUARASULUT.COM,MANADO– Pemprov Sulut mendukung penuh setiap program pembangunan dari pemerintah pusat khususnya dalam rangka pembangunan infrastruktur jalur kereta api Manado-Bitung.
Hal ini ditegaskan Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen membuka secara resmi acara Focus Group Discussion (FGD) persiapan kegiatan pengadaan tanah untuk pembangunan jalur kereta api Manado-Bitung yang digelar, Kamis (21/11/2019).
“Transportasi massal ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat Sulut. Pembangunan jalur kereta api ini merupakan komitmen Presiden Joko Widodo melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika beberapa waktu lalu mengunjungi Sulut,” kata Silangen.
Lanjut Silangen, pemerintah pusat bahkan telah menetapkan Sulut sebagai salah satu lokasi super prioritas pembangunan pariwisata serta telah merancang proyek-proyek strategis di Sulut termasuk pembangunan jalur kereta api Manado-Bitung.
“Sulut ditetapkan pemerintah pusat sebagai daerah super prioritas pembangunan pariwisata di Indonesia. Karenanya berbagai infrastruktur akan dibangun di Sulut,” ucap Silangen.
“Kami mengapresiasi pemerintah pusat karena merealisasikan pembangunan jalur kereta api Manado-Bitung ini,” sambungnya.
Karena itu, Silangen.
Sekarang seluruh stakeholder harus satukan persepsi terkait dengan lokasi pembangunan jalur kereta api yang nantinya akan diterbitkan ijin lokasinya oleh Gubernur Sulut melalui Surat Keputusan Penetapan Lokasi Pembangunan, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.
Sebagai informasi, transportasi perkeretaapian mempunyai banyak keunggulan dibanding transportasi jalan, antara lain kapasitas angkut besar (massal) cepat, aman, hemat energi dan ramah lingkungan serta hanya membutuhkan lahan yang relatif sedikit.
Adapun tujuan kegiatan FGD ini adalah dalam rangka mempersiapkan dokumen untuk pengadaan tanah pembangunan jalur Manado-Bitung, dan pembangunan fisik penyediaan sarana dan prasarana transportasi perkeretaapian. (wal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.