Bupati: Festival Palelat Media Melestarikan Tradisi Membangun Identitas Daerah

SUARASULUT.COM,BOLMUT–Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi membuka Festival Budaya Palelat dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriyah/2019 Masehi yang dipusatkan di Lapangan Kembar Boroko.
Bupati Bolmut menyampaikan Festival Budaya Palelat mejadi salah satu media yang tepat untuk melestarikan tradisi dalam membangun identitas daerah serta memberikan pemahaman falsafah budaya kepada seluruh kalangan masyarakat.
Tradisi dalam merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW patut dilestarikan, selain kental dengan nuansa budaya dan religi, baginya kegiatan ini juga merupakan ajang investasi pariwisata.
Karenanya diharapkan dapat dikelola secara baik sebagai iven tahunan daerah dengan memberikan warna serta inovasi, mempertimbangkan potensi dan objek wisata budaya daerah yang dapat dikembangkan.
Apresiasi disampaikan kepada masyarakat Bolmut yang masih memelihara sistem nilai budaya dan sistem sosial. Dirinya mengajak untuk menjadikan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi, persaudaraan dan kekeluargaan.
Festival Budaya Palelat Tahun 2019 diikuti oleh 269 peserta yang terdiri dari Instansi Pemerintah, Kecamatan dan Desa serta Sekolah-Sekolah di Kabupaten Bolmut. Palelat atau Palelato yang diangkut dengan mobil diarak keliling untuk kemudian dibagi-bagikan kepada masyarakat umum sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat serta berkah dari Allah SWT.(ano)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *