Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan Mojikilo

oleh -51 views

SUARASULUT COM,BOLMUT–Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP membuka kegiatan Mojikilo atau Dzikir dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriyah yang bertempat di Masjid Al Ikhwan Desa Bigo Kecamatan Kaidipang.
Wakil Bupati Bolmut menyampaikan Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi pelaksanaan rangkaian kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, mulai dari Mojikilo sampai puncaknya pada Festival Palelat.
Sebelumnya juga Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah melaksanakan Dialog Budaya yang mengusung tema “Eksistensi Palelat terhadap masyarakat Bolmut”.
Lebih lanjut dijelaskan Palelat adalah berbagai jenis makanan yang disiapkan oleh masyarakat mulai dari kue-kue tradisional, makanan hasil pertanian dan hasil laut dikemas dalam wadah besar yang kesemuanya merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmatNya di daerah.
Dikatakannya, kegiatan ini merupakan tradisi Islam yang ada di kabupaten Bolmut dalam setiap memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.
Ajaran Islam perlu dibudayakan dan bukan sebaliknya, tradisi ini adalah bagian dari sunnah untuk memuliakan hari kelahiran Rasulullah SAW.
Ke depan diharapkan dialog budaya terkait tradisi Palelat dilakukan lebih mendalam dengan memakai pendekatan hukum Islam untuk memperkokoh landasan keagamaan.
Pemerintah Daerah telah meproyeksikan Festival Palelat sebagai salah satu iven atau destinasi pariwisata di Kabupaten Bolmut.
Karenanya perlu dilakukan upaya bersama untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya daerah, khususnya pengetahuan dan pemahaman di kalangan generasi muda.(ano)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *