Ini Rangkaian Kegiatan HKN ke-55

SUARASULUT.COM,MANADO– Kadinkes Sulut dr. Debie Kalalo mengatakan pembangunan kesehatan sebagai pelaksana amanat undang-undang dasar tahun 1945 telah berkontribusi dalam pembangunan manusia dengan meningkatnya nilai indeks pembangunan manusia dan usia harapan hidup.
“Meningkatnya indeks pembangunan kesehatan masyarakat (IPKM) adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan sepanjang lima tahun terakhir ini, antara lain menurunnya angka stunting balita, angka kematian ibu dan angka kematian neonatal,” kata Kalalo.
Lebih lanjut, Kalalo menjelaskan sejumlah rangkaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan Pemprov Sulut untuk memperingati HKN ke-55, diantaranya, tanggal 12 oktober 2019 telah dilaksanakan pembukaan secara resmi seluruh rangkaian kegiatan HKN ke-55 di Sulut yang dirangkaikan dengan pencanangan hari penglihatan sedunia dengan kegiatan senam bersama masyarakat di Kawasan Megamas.
Bakti sosial meliputi pelayanan kesehatan umum, pemeriksaan mata serta pembagian kacamata secara gratis.
Pameran pembanguan kesehatan di mantos 3 yang didalamnya juga dilaksanakan kegiatan lomba koor mini “mars sulut sehat”, senam sehat bugar dan lomba yel-yel kesehatan. Di pameran ini juga akan ada pelayanan kesehatan dan pemeriksaan screening penyakit tidak menular.
Selain itu ada Talk show kesehatan dan seminar kesehatan yang diselenggarakan oleh UPTD Dinkesda Sulut maupun organisasi profesi kesehatan.
Dan puncaknya upacara bendera memperingati hari kesehatan nasional ke 55 akan dilaksanakan serempak tanggal 12 November 2019 oleh pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota serta ziarah tabur bunga ke makam mantan kepala kanwil kesehatan dan kepala dinas kesehatan Sulut.
Pun acara puncak HKN ke-55 di Provinsi Sulut yang akan dilaksanakan pada bulan November bertempat di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut.(wal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *