Bupati Bolmut Canangkan HKN ke 55 dan Gema Ceria 2019

SUARASULUT.COM,BOLMUT– Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh Mencangkan Kegiatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasonal (HKN) Ke-55 dan Gerakan Remaja Cerdas Peduli Anemia (Gema Ceria) Tahun 2019 pada Apel Bersama ASN yang bertempat di Halaman Kantor Bupati Bolmut.
Pencanagan ini ditandai Dengan Pendatangan memorandum of understanding (MOU) Antara Dinas Kesehatan Dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bolmut.
Bupati Bolmut dalam sambutannya menyampaikan peringatan HKN ke 55 mengangkat tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”, di akhir periode pembangunan 2015-2019 yang dimaknai sebagai puncak dari upaya Bersama pemangku kepentingan pembangunan kesehatan lima tahun terakhir, dan juga bermakna kesiapan bidang kesehata untuk terlibat aktif dalam pembangunan periode berikut yang menitikberatkan pada aspek SDM yang sehat.
Dirinya berharap semua pihak dapat turut aambil bagian pada rangkaian kegiatan menyambut HKN ke 55 tingkat Kabupaten Bolmut.
Diketahui, dalam menyambut HKN ke 55 akan dilaksanakan kegiatan olahraga Bersama, lomba Germas, pelayanan kesehatan gratis serta melakukan Germas baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya.
Terkait dengan pencanangan Gema Ceria, dikatakan ini merupakan gerakan kepatuhan terhadap remaja putri usia 12-18 Tahun untuk mengkonsumsi tablet tambah darah agar terhindar dari anemia sebagai upaya pencegahan stunting di Kabupaten Bolmut.
Lebih lanjut dijelaskan hal yang melatarbelakangi upaya tersebut, diantaranya prevalensi stunting dimana pada tahun 2016 43,8 persen atau tertinggi di Sulut kemudian berada pada angka 22,4 persen Tahun 2018. Kondis anemia bagi remaja putri yang sudah menikah dan mengandung akan menyebabkan berkurangnya asupan oksigen ke janin dan dapat beresiko berat bayi lahir rendah (BBLR) dan stunting.(ano)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *