Farry Malonda Sebut Ronny Franky Sompie Pemimpin Berintegritas Tinggi

oleh -2476 Dilihat
Irjend Pol (Purn) Ronny Franky Sompie bersama Farry Alan Malonda

MANADO- Salah satu Tokoh Adat dan pemerhati Budaya Minahasa Farry Alan Malonda saat berdiskusi dengan beberapa tokoh Adat lainnya seperti Jorry Wayong yang dihadiri langsung Irjend Pol (Purn) Ronny Franky Sompie, disalah satu restoran antara jalan Kiawa-Sonder akhir pekan lalu, Sabtu,(11-11-23), Malonda mengatakan, Propinsi Sulawesi Utara sangat membutuhkan pemimpin yang berintegritas, berkarakter dan jujur.
Lanjutnya, sebab menghadapi global dimana Sulawesi Utara terletak dibibir pasifik dan sangat rentan terhadap isu global crime, membutuhkan pemimpin yang tidak sekedar pemimpin, tetapi pemimpin yang bisa menjaga wilayah perbatasan dengan baik sekaligus memberi perlindungan sosial.

Malonda menyampaikan, bahwa pemimpin yang berintegritas akan mampu memahami apa yang dibutuhkan daearah dalam menangkal berbagai isu global, diantaranya kejahatan lintas negara yang menjadi ancaman serius terhadap keamanan dan kemakmuran global yang melibatkan berbagai negara. Isunya bisa persoalan ekonomi, politik, pertahanan keamanan, dan yang tak kalah penting yakni isu sosial budaya.

“Jika pemimpin tidak mengerti isu-isu yang lagi tren dan cara menangkalnya, berarti kita siap-siap jalan di tempat. Ingat pemimpin yang berintegritas, pasti memahami akar budaya masyarakat sehingga ia dapat memberikan perlindungan,” tegas Malonda.

Malonda juga menjelaskan, Pemimpin berintegritas yang tinggi akan terlihat dari perilaku dan tindakan sehari-hari, selalu menunjukkan konsistensi antara ucapan dan tingkah laku yang tercermin dalam perbuatannya sehari-hari. Orang yang memiliki integritas biasanya berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara sehingga perilaku dan tindakannya sesuai dengan apa yang diucapkan.

“Dapat dipastikan jika pemimpin berintegritas tinggi dia pasti dapat memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi rakyatnya, bukan malah menambah masalah. Sejumlah pemimpin kita, terkadang berbicara hanya sebatas di bibir saja sedangkan hatinya berisi hal-hal buruk, diantaranya kesombongan, iri, dengki, dendam penuh emosi.” Ujar Malonda.

Malonda menambahkan, Integritas seseorang senantiasa dapat diuji dengan bentuk berupa jabatan, wanita, harta, keluarga, uang, sedikit ketakutan, sedikit kelaparan, dan sebagainya.
”Orang yang berintegritas ketika mendapat ujian akan bersabar dan ketika menerima kebahagian akan bersyukur,” tambah Malonda yang akrab dipanggil Tonaas Borneo ini.
Malonda menegaskan, dari semua ciri-ciri pemimpin yang berintegritas tinggi tersebut, dimiliki dan sudah dibuktikan oleh seorang Purnawirawan Polisi yang terakhir berpangkat Inspektur Jendral Ronny Franky Sompie, seorang Jendral yang berasal dari Sulawesi Utara, banyak memiliki prestasi di Kepolisian dan pernah menjabat jabatan yang strategis seperti kadiv humas Mabes Polri dan pernah menjabat Kapolda Bali serta pernah menjadi orang nomor satu di keimigrasian Indonesia atau Dirjend Imigrasi.(FP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.