Diknas Minut Keluarkan Surat Keterangan Paket C Bacaleg Dapil 4 Kotamobagu, Diduga Ijazah Palsu

oleh -609 Dilihat

Minut- Salah satu Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD  Kotamobagu dari partai Perindo yang menggunakan ijazah paket C salah satu lembaga di Minahasa Utara yang saat ini sudah ditutup, diragukan keabsahan Ijazahnya.

Informasi yang didapat media ini, KPUD Kotamobagu sudah membentuk tim untuk melakukan verifikasi kembali didinas Pendidikan Minut untuk memastikan keaslian Ijazah dari caleg partai Perindo atas nama Asni Uge.

Dari data yang ada, dinas Pendidikan Minahasa Utara yang ditandatangani sekretaris dinas Pendidikan Drs Daniel Dulur telah mengeluarkan dua surat keterangan tentang ijazah paket C, sesuai pernyataan dari Bacaleg tersebut dengan membawa beberapa orang saksi.

Surat pertama dikeluarkan pada tanggal 06 September 2023, membenarkan jika Caleg Perindo atas nama Asni Uge, adalah siswa kelompok belajar Kartika di Desa Winuri Kabupaten Minut, dan dinyatakan Lulus. Sedangkan Surat kedua pada tanggal 08 September 2023, direvisi dengan menerangkan 3 poin.

Dimana untuk poin kedua menyatakan jika Surat keterangan pertama, dikeluarkan berdasarkan pada surat pernyataan bersangkutan dan surat pernyataan saksi-saksi. Kemudian ditutup poin ke tiga berbunyi, apabila ijasa paket C yang bersangkutan dikemudian hari bermasalah secara hukum, meka menjadi tanggungjawab pemilik Ijasa paket C.

Atas kejanggal tersebut pun, Pengiat LSM Forum Pemuda Peduli Bolmong (FP2BM) Ronni Mokoginta, memberikan tanggapan pada hasil pleno DCS KPUD Kotamobagu, dengan meminta pimpinan dan Komisioner untuk melakukan peninjauan, hingga validasi data kembali.

“Ini tidak boleh dibiarkan, karena kami sudah mengetahui kejanggalan legalitas mulai dari fisik hingga data dan proses Ijasah Paket C ini bisa ada dan digunakan untuk mengikuti Pemilihan legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Kami berpesan agar KPUD Kotamobagu jangan membangun penilaian buruk dari masyarakat atas kinerja sebagai penyellenggara,” kata Mokoginta.

Bahkan menurut Mokoginta, pihaknya sudah melakukan penelusuran mendalam atas dugaan tidak sahnya Ijasa Paket C milik Caleg Partai Parindo dari daerah pemilihan (dapil) empat Kecamatan Kotamobagu Barat. Selain sengketa, pihaknya pun akan melaporkan dugaan ini ke pihak berwajib.

“Data yang kami kantongi menjadi bahan untuk laporan ke pihak berwajib dalam hal ini Kepolisian Daerah (Polda) Sulut, untuk membuka apa yang terjadi, dan disembunyikan dari padangan publik. Bahkan untuk laporan sengketa ke Bawaslu, kami siapkan datanya,” tugas Mokoginta.

Sementara itu, sekretaris Disdik Minut Drs.Daniel Wulur ketika ditemui, Kamis 14 September 2023 di salah satu kedai kopi menjelaskan, jika pihaknya mengeluarkan surat pernyataan dikarenakan lembaga belajar yang mengeluarkan ijasah paket C milik Caleg Parindo Asni Uge, sudah tutup.  Pihaknya pun angkat tangan jika hal ini ternyata bermasalah hukum.

“Bukan menjelaskan derajat surat tersebut sama dengan legalisasi paket C. Surat keterangan ini dikeluarkan berdasarkan pernyataan yang bersangkutan (Caleg Perindo pemilik ijasah paket C) dan saksi-saksi. Jadi itu bukan surat legalisasi untuk ijasah paket C,” Jelas Wulur kepada sejumlah awak media.(FP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.