Tim PKM Unima Adakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Website di SMAN 2 Tondano

oleh -33847 Dilihat
BERSINERGI: Tim Abdi Masyarakat Unima, ketika melakukan pelatihan, Selasa (8/8/2023).

Tondano — Tim Abdi Masyarakat Universitas Negeri Manado (Unima) adakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Website Terintegrasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Guru-Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Tondano pada Selasa, 8 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan Skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat yang didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) Tahun 2023. Kegiatan PKM diketuai oleh Kamaruddin, S.Si., M.Si. bersama Dr. Patricia M. Silangen, M.Si., Dr. Djeli A. Tulandi, M.Si, dan melibatkan dua mahasiswa Jurusan Fisika FMIPAK Unima melibatkan SMAN 2 Tondano sebagai mitra.

Kepala SMAN 2 Tondano, Meita Mangkey, S. Th menyampaikan rasa terima kasihnya karena SMAN 2 Tondano berkesempatan dapat menjadi bagian dari kegiatan PKM ini.

“Torang (kami) sangat bersyukur karena dari banyak sekolah, SMAN 2 Tondano bisa menjadi bagian dari kegiatan PKM ini yang tujuannya sangat membantu untuk meningkatkan Profesionalisme dan kompetensi Guru-Guru SMAN 2 Tondano dalam menghasilkan inovasi pembelajaran” ungkap Ibu Kepsek dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan pelatihan yang bertenpat di Gedung Pertemuan SMAN 2 Tondano.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PKM, Kamaruddin mengucapkan rasa syukur atas terlaksananya Program PKM ini sebagaimana salah satu kewajiban dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

“Kegiatan Pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari. Pada hari pertama difokuskan dalam meningkatkan pengetahuan dan melatih Guru-Guru SMAN 2 Tondano dalam menghasilkan media pembelajaran berbasis website dan dilanjutkan dengan pendampingan,” jelasnya.

Lanjut Kamaruddin. Pelaksanaan kegiatan PKM dilakukan dengan memberikan dua materi utama yaitu Media Pembelajaran dan Model Pembelajaran PjBL Terintegrasi Website. Materi Pertama tentang Media Pembelajaran dibawakan oleh Bapak Janny W. Koloy yang dimoderatori oleh Bapak Djeli A Tulandi menyampaikan bahwa era saat ini menuntut Bapak/Ibu Guru dalam merancang dan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dan menjadi penting bagi kita sebagai guru untuk terus meningkatkan kompetensi untuk lebih profesional. Sementara itu, Ibu Aufa Maulida F. yang dimoderatori oleh Ibu Patricia M. Silangen membawakan materi kedua tentang Model PjBL dan Pengenalan Googlesites.

“Penggunaan media pembelajaran sangat berkaitan dengan model pembelajaran yang dilaksanakan, dimana PjBL memiliki keunggulan dapat meningkatkan keaktifan melalui kolaborasi, motivasi, kreativitas, dan hasil belajar peserta didik dimana guru berperan penting sebagai fasilitator dalam memonitoring proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran” ungkap Aufa yang juga merupakan Dosen Jurusan Fisika FMIPAK Unima.

Setelah pemberian materi dan makan siang, kegiatan pelatihan dilakukan dengan simulasi dan penugasan mandiri melalui pendampingan oleh Tim Pelaksana PKM.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.