Tradisi Ritual Mandi Syafar

oleh -264 Dilihat
oleh
KEGIATAN: Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh Bersama Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.AP Menghadiri Kegiatan Ritual Adat mandi Syafar 1443 Hijriyah / 2021 Masehi.(Foto:SSC)

 

SUARASULUT.COM,BOLMUT— Ritual Adat mandi Syafar 1443 Hijriyah / 2021 Masehi Kabupaten Bolmut bertempat di Resting Area Bendungan Desa Busato Kecamatan Pinogaluman dan dihadiri Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh Bersama Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.AP.

Dalam kesempatan tersebut Anggota DPD RI Ir. H. Djafar Alkatiri, M.m, M.Pd.I turut Menghadiri Kegiatan Ritual Adat mandi Syafar tersebut.

Kegiatan mandi syafar adalah salah satu ritual keagamaan yang bernuansa islam yang dianut oleh masyarakat Bolaang Mongondow utara sejak dahulu kala hingga sekarang, dan khususnya bagi masyarakat kecamatan pinogaluman tetap dilestarikan sebagai bagian budaya berkembang dan terpelihara, mandi Syafar sebagai warisan leluhur.

Di kabupaten Bolmut , khususnya kecamatan pinogaluman, pelaksanaan ritual adat mandi syafar dilaksanakan pada hari rabu akhir (Arbaatul Akhir) Bulan Syafar. Yang dimulai malam rabu dengan membaca ayat ayat suci Al Quran, Barazanzi, serta berzikit di mesjid.

Pada esoknya tepatnya hari rabu pagi merupakan puncak pelaksanaan ritual adat mandi syafar yang dilaksanakan oleh pemangku adat bersama pegawai syar’i yang di dahului oleh khalifah atau pun pemimpin daerah kemudian di ikuti oleh pejabat lainnya, suku masyarakat umumnya.

Ritual adat mandi syafar ini hanyalah merupakan permintaan dan permohonan doa tolak bala kepada yang maha kuasa agar alam alam serta isinya dapat terhindar dari bencana dan malapetaka dan akan bergantikan dengan berkah dan rahmat yang dapat menyelamatkan daerah serta seluruh umatnya. Dengan harapan doa semoga mala bahaya dan musibah dijahukan dari daerah kita Amin Ya Rabbilalamin.

Turut Hadir Wakil Ketua TP PKK Bolmut, Dra, Hj Siti Safwania Djenaan, Pimpinan DPRD Bolmut , Beserta Anggota DPRD Bolmut, Para Asisten, Para Staf Khusus Bupati Bolmut, Pejabat TNI/Polri, Pimpinan OPD Bolmut, Camat Pinoguman, Para Sangadi, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan Masyarakat.(ram)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.