Mudah dan Cepat, Ini Layanan Gratis Yang Diberikan Disdukcapil Mitra

oleh -473 views

Suarasulut.com, Mitra – Dibawah Kepemimpinan Kepala Dinas (Kadis) Piether Owu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dengan penuh semangat menjalankan slogan Mitra Melaju21.

Sebagai bentuk komitmen kepada seluruh warga masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara dan menerjemahkan arti dari slogan Mitra Melaju21, saat ini Disdukcapil Mitra terus memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, yang secara khusus memberikan layanan cepat untuk pengurusan seluruh dokumen kependudukan, ujar Kadis Piether Owu kepada Suarasulut.com, Rabu, 02 Juni 2020.

“Inilah perhatian dan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra dibawah kepemimpinan Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Jocke Legi. Saat ini Disdukcapil Mitra secara aktif turun lapangan (Turlap) dan secara langsung menyerahkan seluruh dokumen kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP,), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akte Kelahiran dan lainnya yang berhubungan dengan Disdukcapil kepada masyarakat secara gratis atau tanpa pungutan biaya” ungkap Owu.

 

Lanjut dikatakannya, dengan adanya layanan ini, pihaknya berharap bahwa seluruh proses pengurusan dokumen kependudukan semakin mudah dan cepat, juga harapannya kedepan seluruh masyarakat Mitra mulai dari anak yang baru lahir hingga orang dewasa, semuanya dapat memiliki dokumen kependudukan.

“Dengan adanya layanan ini, masyarakat yang ingin memiliki dokumen yang dibutuhkan, tidak perlu lagi datang langsung ke kantor Disdukcapil Mitra, yang artinya, jika ada masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan untuk segera melapor ke Pemerintah setempat, sehingga bisa ditindaklanjuti, dan pihak kami yang akan mengurusnya sekaligus turun langsung untuk menyerahkan dokumen yang dibutuhkan,” jelas Owu, sambil menyerahkan dokumen kependudukan yang berlangsung di Puskesmas Tombatu.

Guna layanan ini juga untuk mengurangi antrian yang dapat mengakibatkan terjadinya kerumunan dan bentuk upaya Pemkab Mitra dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid19, tukasnya.

Disamping itu, diungkapkan salah seorang Ibu yang baru sehari setelah melahirkan anaknya di Puskesmas Tombatu, keluarganya sangat berterima kasih dan atas pelayanan dokumen kependudukan yang Disdukcapil berikan secara gratis.

“Terima kasih kami sampaikan untuk Disdukcapil Mitra dan secara khusus kepada Kadis Piether Owu yang sudah turun langsung untuk menyerahkan dokumen kependudukan kami yang baru, terlebih untuk anak kami yang meskipun baru saja lahir kemarin dan hari ini sudah memiliki Kartu Identitas Anak,” ucapnya.

Usai penyerahan dokumen yang berlangsung di PuskesmasTombatu, Kepala Puskesmas dr Ebenhaezer Sampelan menyampaikan Apresiasi bagi Disdukcapil Mitra atas layanan inovasi Barata dan diharapkan kedepannya, dengan inovasi ini masyarakat akan lebih mudah mengakses layanan akta kelahiran dan melahirkan di fasilitas kesehatan resmi dari Pemerintah. (fan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *