Dugaan Pungli Berkedok Cendera Mata Marak di Kelulusan Siswa SMA/SMK, Diknas Diminta Tindak Sekolah Nakal, Punuh: Jika Ada Silahkan Lapor

oleh -3.635 views

SUARASULUT.COM,MANADO– Setelah mengikuti rangkaian ujian, akhirnya siswa/siswi SMA/SMK tiba pada saat dinantikan yaitu pengumuman kelulusan.

Namun di tengah kabar gembira kelulusan para siswa, beredar kabar kurang sedap. Pasalnya, kelulusan siswa konon oleh oknum-oknum guru dijadikan lahan pungli.

Kabarnya dengan berkedok cendera mata, ada oknum guru SMA/SMK, minta cendera mata kepada siswa bukan dalam bentuk barang akan tetapi uang. Pun jumlahnya mencapai ratusan ribu setiap siswa.

Tak hanya itu modusnya, akan tetapi dengan berbagai alasan seperti nilai siswa tidak tuntas hingga harus bayar yang jumlahnya juga capai ratusan ribu.

Praktek pungli ini banyak dikeluhkan orang tua siswa.” Namanya cendera mata tergantung ke iklasan para siswa, tapi kalau sudah dipatok dalam bentuk uang dengan jumlah yang ditentukan, ini sudah masuk kategori pungli,” tegas sejumlah orang tua siswa yang minta namanya tak dipublikasi.

Atas dugaan praktek pungli ini, Dinas Sulut harus tindak oknum-oknum guru demikian, karena ini mencoreng dunia pendidikan, serta mencederai visi dan misi Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, pendidikan bebas pungli.

Terkait dugaan pungli berkedok cendera mata bagi siswa SMA/SMK yang baru lulus mendapat tanggapan keras Kepala Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dr. Grace Punuh, M.Kes.

Kadis Diknas kepada wartawan menegaskan jika ditemukan praktek demikian, baik wartawan maupun orang tua siswa datang lapor ke Dinas. Pasti oknum guru terlibat pungli pasti akan dapat sanksi.

Disinggung rumor jika sebagian pungli ikut mengalir ke oknum di Diknas? dugaan ini di bantah Kadis Diknas.”Itu tidak benar” tegas Kadis Diknas sembari kembali menegaskan silahkan lapor ke Diknas oknum guru yang tarik pungli berkedok cendera mata.(wal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *