Lomban Ikut Rakernas Pembangunan Pertanian 2021

oleh -29 views

SUARASULUT.COM,BITUNG– Wali Kota Bitung Maximiliaan J. Lomban menghadiri pembukaan “Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2021” bersama Presiden Republik Indonesia (RI) melalui konferensi video dari Gedung BPU Kantor Wali Kota Bitung.

Dari Istana Negara, Jakarta, Presiden RI Joko Widodo menjelaskan bahwa di masa pandemi global COVID-19, sektor pertanian menempati posisi yang semakin sentral.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, hanya sektor pertanian yang mengalami pertumbuhan positif, yakni tumbuh sebesar 2,15 persen (y-on-y) pada triwulan III-2020. Meski begitu, Presiden mengingatkan potensi terjadinya krisis pangan.

Untuk itu, Presiden menekankan pentingnya food estate atau lumbung pangan. Dan saat ini, pemerintah pusat mendorong lumbung pangan nasional di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara.

Dalam arahannya, Presiden juga menyoroti pengelolaan pangan terutama teraktual terkait komoditas kedelai tahu dan tempe.

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo dalam laporannya mengatakan, Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021 membahas program kerja Kementerian Pertanian di 2021 bersama Dinas Pertanian di daerah. Ada juga MoU dengan Kementerian BUMN RI dan instansi lainnya.

Rakernas ini diharapkan bisa memperkuat sektor pertanian dalam menopang pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi (COVID-19)

Adapun di 2021, Kementan RI berupaya meningkatkan produktivitas dengan program pendukung antara lain peningkatan kapasitas produksi hingga diversifikasi pangan untuk mendorong pangan lokal di setiap provinsi.

Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021 diikuti 1.300 peserta, 800 orang secara virtual di antaranya 200 bupati dan gubernur se-Indonesia. Turut hadir mendampingi Presiden RI di Istana Negara antara lain Menteri Keuangan dan Menteri BUMN.(angky)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *