, ,

Berbagai Program Unggulan Desa Kali Oki Ditargetkan Tuntas Sebelum Batas Waktu

oleh -439 views

SUARASULUT.com, Mitra – Pembangunan fisik di Desa Kali Oki, Kecamatan Tombatu, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang bersumber dari anggaran dana desa (Dandes) tahap tiga tahun 2020 segera dirampungkan.

Vanly Pongulu Hukum Tua Desa Kali Oki, mengatakan program pekerjaan tahap tiga tahun ini dengan total anggaran 200an juta, masih difokuskan pada pembangunan fisik, ditargetkan selesai sebelum waktu yang ditentukan.

“Untuk progres pekerjaan, saat ini sudah mencapai 70 persen, yang meliputi pembangunan lanjutan balai pelatihan umum (BPU), pembuatan toilet di area taman wisata dan kuliner danau bulilin, yang ditargetkan tuntas sebelum batas waktu yang ditentukan,” ujar Pongulu kepada Suarasulut.com Rabu, 25 November 2020.

Lanjut dikatakan Pongulu, selain infrastruktur, dalam program unggulan yang sumber dananya di ambil dari Dandes tahap tiga ini, Pemerintah Desa Kali Oki juga telah menyediakan anggaran untuk pengadaan permainan untuk pendidikan anak usia dini (Paud), sekaligus dengan honor guru paud.

Disamping itu, Pongulu juga mengatakan, saat ini Pemdes Kali Oki tengah berinovasi dengan mengembangkan taman wisata dan kuliner yang berlokasi di seputaran danau bulilin, yang masuk dalam wilayah Desa Kali Oki.

“Taman wisata dan kuliner sekaligus menciptakan lapangan kerja, ataupun sebagai pekerjaan sampingan, saat ini di area wisata dan kuliner danau bulilin telah masuk usaha-usaha kecil dari masyarakat yang menawarkan berbagai kuliner dan yang telah terdaftar saat ini, ada 13 Kepala Keluarga (KK) yang sudah mempunyai kios di bulilin,” ungkap Pongulu.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk wisata dan kuliner danau bulilin, akan launching bersamaan dengan salah satu program unggulan Desa Kali Oki, yaitu development system atau aplikasi layanan publik dalam bentuk surat menyurat berbasis web.

“Sudah disepakati oleh seluruh Pemdes Kali Oki, untuk lanching kedua program tersebut, akan dilakukan pada bulan Desember 2020, karena saat ini masih dalam tahap penyelesaian,” jelas Pongulu.

Ditambahkannya, dalam situasi pandemi saat ini yang masih berlanjut, Pemdes Kali Oki, selalu menghimbau masyarakat untuk selalu mentaati protokol kesehatan, apalagi saat ini di Mitra sudah ada salah satu desa zona merah, yang kemudian dari kejadian itu, Bupati James Sumendap dengan tegas mengeluarkan surat himbauan untuk memperketat protokol covid19.

“Kepada masyarakat Desa Kali Oki, mari saling mengingatkan, untuk selalu memperhatikan protokol covid, dengan memakai masker, rajin mencuci tangan, rajin mengukur suhu badan dan yang terutama selalu jaga jarak agar kita semua terhindar dari virus corona,” tukas Pongulu. (fanly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *