MEP-VT dan FER Bakal Dilaporkan ke Bawaslu Minsel

oleh -25 views

SUARASULUT.COM,MINSEL-Pasangan calon nomor urut satu di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yakni dr Michaela Elsiana Paruntu dan Ventje Tuela (MEP-VT) serta Ketua Tim pemenangan yang juga Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene (FER) terancam akan dilaporkan oleh Aliansi Minsel Bersatu (AMB) ke Bawaslu Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), karena di duga melakukan pelangaran pilkada dengan memanfaatkan bantuan pemerintah untuk dibagikan ke warga yang terdampak covid-19.

Paslon nomor urut satu MEP-VT dan Ketua Tim pemenangan FER dilaporkan ke Bawaslu Minsel oleh Aliansi AMB, karena diduga memanfaatkan bantuan dari pemerintah untuk warga terdampak covid-19 yang berlabel BNPB.

Penggunaan anggaran negara dapat dijerat Pidana Pemilu sesuai no 1 tahun 2015 yang diubah dalam UU No 6 thn 2020.

“Kami mendapatkan informasinya lewat media sosial dan juga media cetak maupun online adanya pembagian bahan makanan di sosialisasi MEP-VT. Sayangnya paket bahan makanan yang dibagikan berasal dari BNPB yang berarti menggunakan dana negara. Ini jelas merupakan pelanggaran karena sama dengan penyelewengan dana pemerintah,” tukas Jhon Senduk anggota AMB dan sekaligus ketua GMPK Minsel.

Nantinya yang akan mereka laporkan ke Bawaslu, selain MEP dan VT, Felly FER selaku ketua tim pemenangan MEP-VT yang nampak melalui foto dan video yang membagi-bagikan bantuan dari BNPB.

Sebagai ketua tim pemenangan sekaligus juga Ketua Komisi IX DPR RI, FER diduga sudah menyalahgunakan bantua sosial. Tindakan tersebut dapat disamakan dengan kampanye menggunakan fasilitas dan anggaran pemerintah.

Sementara itu, DPD partai Nasdem Minsel Drs Jhon Rori yang dikonfirmasi melalui Wakil Sekretaris Nasdem Minsel Ivan Rumokoy membenarkan informasi terkait pembagian sembako dari Pemerintah Pusat.

Hanya saja dia mengaku kalau pembagian tersebut acara konsolidasi tersebut sudah di tutup dan tidak dibagikan saat acara konsolidasi.
“Pembagian itu acara konsolidasi sudah selesai, dan ibu FER sudah kembali sebagai Anggota DPR RI Pusat, dan itu pembagian secara simbolis hanya lima orang,” ujarnya.

Lanjut Dia, bantuan yang berlabel BNPB, Dia menjelaskan paket bantuan berasal dari anggota DPR-RI pusat yang akan dibagikan ke semua warga.

“Perlu dipahami itu bukan bagian dari acara konsolidasi partai MEP-VT, acara itu sudah selesai, setelah acara ditutup dengan Doa, jadi acara , FER mengundang masyarakat untuk menerima bantuan tersebut, tapi bukan untuk peserta yang hadir, itu jelas kerjasama dengan pemerintah pusat, diluar acara tim pemenangan, makanya acara sudah ditutup dulu,” tutupnya.(rds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *