Launching Gerakan Sulut Bermasker

oleh -25 views

SUARASULUT.COM,MANADO– Bertepatan dengan HUT ke-30 Kota Bitung, Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni melaunching Gerakan Sulut Bermasker untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Bumi Nyiur Melambai.

Pencanangan Gerakan Sulut Bermasker dilakukan Pjs Gubernur Fatoni saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Bitung dalam rangka memperingati HUT ke-30 Bitung di Gedung DPRD Bitung.

Pada kesempatan itu, Fatoni menyerahkan masker secara simbolis kepada pimpinan dewan, Pjs Walikota Bitung Edison Humiang dan Forkopimda Bitung sebagai tanda diresmikannya Gerakan Sulut Bermasker.

“Mari kita budayakan bermasker karena dengan bermasker, kita bisa mencegah penularan Covid-19,” kata Fatoni.
Sebelumnya, dalam rapat paripurna, Fatoni saat menyampaikan kegembiraannya karena bisa ikut menjadi bagian bersama masyarakat Bitung di perayaan HUT ke-30 kota yang terkenal dengan produksi ikan cakalangnya sehingga mendapat julukan sebagai Kota Cakalang ini.

“Untuk itu kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat perkenankan saya menyampaikan selamat memperingati dan merayakan hari ulang tahun yang ke-30 Kota Bitung,” ujar Fatoni.

Fatoni berpesan bahwa potensi dan kekuatan dan sinergitas yang dikelola selama ini untuk memajukan kota Bitung dapat terus dipertahankan.
“Potensi kekuatan dan sinergi yang sama perlu terus kita berdayakan untuk sama-sama keluar dari situasi yang sulit ini,” bebernya.

“Untuk itu diperlukan tekad, komitmen sikap dan terus berjuang bersama, bergotong royong, bersatu padu memberikan kerja dan karya terbaik demi kemajuan daerah, keberhasilan pembangunan dan kesejahteraan seluruh masyarakat kota Bitung,” sambungnya.

Dirinya juga meyakini bahwa dengan ditetapkannya Bitung sebagai salah satu daerah dengan proyek strategis nasional seperti jalan tol Manado-Bitung, International Hub Port serta Kawasan Ekonomi Khusus Industri (KEK) memberikan nilai lebih bag Bitung.

“Saya yakin dalam beberapa tahun kedepan kota Bitung dapat menjadi central baru lalu lintas perdagangan dan logistik untuk kawasan utara Sulawesi dan timur Indonesia dengan rute dari dan atau ke Asia Pasifik,” imbuhnya.

Fatoni menerangkan bahwa proyek-proyek tersebut menjadi sangat vital dengan ditetapkannya Sulut sebagai kawasan pariwisata super prioritas yaitu KEK Pariwisata Likupang.
“Dengan demikian bitung diharapkan dapat menjadi core pendukung melalui triangle Malibu (Manado-Likupang-Bitung),” tandasnya.

Lebih lanjut, pada kesempatan itu juga Fatoni mengajak kepada semua lapisan masyarakat dan unsur aparat untuk bersama-sama mendukung dan memastikan bahwa penyelenggaraan pemerintahan berjalan sebagai mana mestinya, terutama terkait dengan Pilkada dan penanganan Covid-19.

“Pilkada pada tanggal 9 Desember nanti harus diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat, sambil tetap menjaga kualitas dan kedewasaan berdemokrasi serta persatuan dan kesatuan harus tetap di jaga selama tahapan pilkada berlangsung,” terangnya.

Ia juga menegaskan bahwa upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 merupakan tugas bersama dengan mematuhi protokol 4M.
“Maka dari itu mari kita yang ada di sini bersama-sama dan mengajak kepada seluruh masyarakat juga untuk bisa menerapkan 4M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dalam pencegahan penularan Covid-19,” ajaknya.

“Ini butuh optimisme kerja keras dan sinegritas, tidak hanya menggantungkan pada aksi dan kebijakan pemerintah. Seluruh elemen pemerintah dan masyarakat harus bahu membahu untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini,” tutupnya.

Diketahui, selain menghadiri rapat paripurna HUT ke-30 Bitung, Fatoni mengikuti rangkaian agenda lainnya yaitu melakukan tatap muka dengan para Kepala Perangkat Daerah dan Camat di BPU Kantor Walikota Bitung.
Selanjutnya, Fatoni mengikuti sailing pass start di Dermaga KPLP Bitung dan finish di Pelabuhan Samudera Bitung serta meninjau Pelabuhan Samudera Bitung, Pelabuhan Peti Kemas Bitung-KEK Bitung.

Hadir juga dalam rangkaian kegiatan tersebut, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut dan Pemkot Bitung.(wal/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *