Produk-Produk Terus di Sosialisasikan KPU Kota Manado

oleh -48 views

SUARASULUT.COM, MANADO— Jelang Pemilihan serentak yang jatuh pada 09 September 2020, pihak penyelenggara pilkada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado melakukan sosialisasi produk hukum bagi masyarakat di 11 Kecamatan di Manado. “Baru dua kecamatan yang telah disosialisasikan, yakni kecamatan Wanea dan kecamatan Wenang,” kata Komisioner KPU Manado, Sunday Rompas.

Sosialisasi yang dihadiri para camat, lurah, tokoh masyarakat, tokoh agama, Danramil, Kapolsek, PPK, PPS, serta Panwas tersebut, menjelaskan tentang semua produk hukum, mulai dari UU 1/2015 hingga terakhi 6/2020, lalu semua PKPU, sampai penegakan hukum Pemilu, pelanggaran dan penanganannya. “Kami juga menyosialisasikan tentang pemutahiran data dan pencalonan, hingga bagaimana jika ada gugatan pemilu,” kata Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Manado ini.

Lanjut Sunday menegaskan, masyarakat memiliki hak untuk melaporkan para penyelenggara pesta demokrasi itu. “Bisa melaporkan para panitia adhoc ke KPU kota dan meneruskanya ke KPU pusat mengenai masalah tersebut,” tegasnya.

Sembari ditambahkan Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor, mengatakan, pelaksanaan penyuluhan hukum itu diharapkan bisa membuat masyarakat makin sadar akan fungsi terutama dalam tahapan Pilkada sampai pada hari H. (Sandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *