Talumepa Minta Stop Hoax Pelantikan E2L

SUARASULUT.COM,MANADO– Dengan turunnya Putusan Mahkama Agung (MA) Nomor 584/K/TUN/2019 tertanggal 6 Desember 2019, sebenarnya sudah terjawab polemik selama ini alasan Gubernur Olly Dondokambey tak melantik Bupati Talaud terpilih Elly Lasut. Penegasan ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulut Christiano Talumepa,SH.M,Si. Sehingga Talumepa mengajak semua pihak untuk menghentikan perdebatan apalagi soal berita hoaks pelantikan.
Lanjut Talumepa soal gelar perkara kasus Pilkada Kabupaten Talaud di Kemendagri yang menghadirkan
Sembilan pakar hukum, dihadirkan sebatas menyampaikan pendapat hukum atas nama pendapat pribadi sesuai dengan kepakaran dimiliki, bukan atas kepentingan atau mewakili lembaga atau pribadi tertentu.
Lanjut Christal sapaan akrabnya gelar perkara tidak dalam upaya pengambilan keputusan, tetapi mengumpulkan berbagai pendapat dari para pihak, dimana sejumlah pendapat ini akan menjadi catatan hukum penting bagi tim khusus dibentuk Kemendagri untuk percepatan penyelesaian kasus baru pertama kali terjadi di Indonesia ini.
Selain menghormati Fatwa MA, dalam kaitan penyelenggaraan negara seorang Gubernur adalah kuasa dan penanggung jawab keuangan tertinggi, dimana jika tidak menganut paham kehati-hatian juga berpotensi timbulnya kerugian negara yang sangat besar.
Talumepa mengajak semua pihak terkait, khususnya merasa dirugikantidak berburuk sangka apalagi menuding penundaan pelantikkan karena ketidakpatuhan Gubernur Sulut dalam menindaklanjuti perintah Mendagri untuk melantik pasangan E2L-Mantap, namun yang benar hal ini terjadi karena persoalan terbitnya putusan MA sebagai produk hukum tertinggi yang harus di hormati oleh semua pihak, khususnya oleh Kemendagri Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama jajaran terkait.
“Seluruh pihak hentikan Hoaks dan pepesan kosong soal polemik pelantikan pasangan E2L- Mantap,” ajak Talumepa.(wal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *