DIPA Bolsel Resmi Diterima Wabup

SUARASULUT.COM,BOLSEL– Senin (25/11) atas nama Bupati Hi Iskandar Kamaru, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid, menerima daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) dan dana alokasi transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2020 diserahkan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondomambey .
Penyerahan DIPA dan dana transfer ke daerah itu dilaksanakan di Hotel Peninsula Manado yang dihadiri Wakil Gubenur Sulut Steven Kandouw, Ketua DPRD Provinsi, para Bupati dan Walikota se Sulut, Sekprov Edwin Silangen, Kepala Kanwil Direkrorat Perbendaharan Negara Provinsi Sulut Muhdi, serta tamu undangan lainnya.
“Penyerahan DIPA kepada setiap Pemerintah Daerah merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting, sekaligus berharap pelaksanaan kegiatan tahun 2020 nanti dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan,” ujar Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid.
DIPA merupakan dokumen acuan yang resmi ketika melakukan belanja daerah, di setiap Kabupaten.
Wakil Bupati berharap SKPD betul- betul menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk tahun 2020 secara efektif, efisien dan tepat sasaran untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Bolsel.
Kepala Kanwil Direkrorat Perbendaharan Negara Provinsi Sulut, Muhdi menjelaskan, DIPA merupakan dokumen acuan memulai kegiatan pembangunan pemerintah pad tahun anggaran 2020 nanti.
Fokus pelaksanaan  kegiatan itu yakni untuk  pembangunan SDM, infrastrukrur penyerdahaan regulasi, dan penyerdahanaan birokrasi.
Untuk transfer APBN di Sulut mencapai Rp 24,3 triliun. Alokasi dana untuk unit vertikal sebesar Rp 9,7 triliun untuk 24 Kementerian/lembaga di Sulut. Lalu, transfer daerah, dan dana desa kepada Bupati / Wali Kota se Sulut sebesar Rp 14.6 triliun.
“Penyerahan DIPA lebih awal ini dapat diimplementasikan dengan tiga aspek. Yakni lelang lebih awal, penetapan Juknis kegiatan lebih awal dan perencanaan yang matang,” pungkas Muhdi. (hamka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *