Bappeda Evaluasi Kabupaten Sehat

SUARASULUT.COM,BOLMONG–Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selasa (12/11/2019) mengelar rapat evaluasi Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019 diruang Rapat Bappeda.
Acara rakor evaluasi tersebut langsung di buka Kepala Bappeda melalui Susanti Hadji Ali, SP. M.Si Kabid Pembangunan Manusia dan Masyarakat.
Ali dalam sambutannya mengatakan rapat evaluasi dalam rangka untuk kembali meriview target sasaran dalam pencapaian kabupaten sehat bersama dengan lintas sektoral perangkat daerah di lingkup pemkab bolmong.
Menurutnya Dimana melalui forum kabupaten sehat yang melibatkan instansi terkait duduk bersama untuk bertukar pendapat guna untuk target tujuan sesuai indikator yang telah ditentukan untuk mewujudkan kabupaten sehat di kabupaten Bolaang Mongondow.
Dia menyebutkan Penyelenggaraan Kabupaten Sehat merupakan bentuk realisasi peraturan bersama Mendagri dan Menkes RI No. 34 Tahun 2005 No. 1138/Menkes/PB/2005.
Dia menjelaskan Kabupaten Sehat bertujuan untuk terciptanya kondisi Kabupaten untuk hidup dengan bersih, aman, nyaman dan sehat bagi warganya melalui upaya peningkatan kualitas lingkungan fisik sosial dan budaya secara optimal sehingga dapat mendukung peningkatan produktifitas dan perekonomian masyarkat.
Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow telah melaksanakan Kerja melalui forum KKS kecamatan dan Desa, pembinaan forum komunikasi beberapa kecamatan, pembinaan pokja Desa/Kelurahan. Dan saat ini tinggal menunggu hasil dari tim. Ungkapnya
Sementara itu Jenne Mandu , SKM Pelaksana seksi kesling dan kesjaor Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan Salah tim verifikasi KKS dalam sambutannya mengemukakan Kabupaten Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk. Yang dicapai melalui terselenggaranya paparan bebrapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.
Ia juga berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat di kecamatan kabupaten untuk mengkoordinasikan, mengintegrasikan, mensinkronkan, perencanaan antara desa satu dengan desa lainnya diwilayah kecamatan yang dilakukan oleh masing-masing Pokja Desa Sehat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya.
“Untuk itu teteplah menjalin koordinasi, komunikasi yang baik antar sesama,”ungkapnya
Turut Hadir dalam acara tersebut Dinas Kesehatan,Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pu Perumahan Rakyat, Dinas Perlindungan Anak, dan dinas lintas sektoral lainnya, para camat, kepala desa yang telah diverifikasi oleh pemerintah pusat.(ano)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *