Bolmut Kaya Nilai Budaya

SUARASULUT.COM,BOLMUT–Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP membuka kegiatan Dialog Budaya dalam rangka Festival Palelat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriyah yang bertempat di Hotel Try Putra.
Wakil Bupati Bolmut menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sulawesi Utara (Sulut) atas inisiatif dan kerjasamanya untuk membangun tradisi dan budaya di Kabupaten Bolmut.
Dikatakannya, Bolmut daerah yang kaya nilai budaya, begitu banyak nilai-nilai tradisi dan kearifan local dalam masyarakat yang patut digali dan dilestarikan. Karenanya diperlukan upaya bersama untuk membangun identitas daerah serta memberikan pemahaman falsafah budaya kepada seluruh kalangan masyarakat.
Lebih lanjut dijelaskan Festival Palelat merupakan tradisi masyarakat Bolmut yang dilaksanakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, dimana sebelum perayaan masyarakat akan menyajikan berbagai jenis hidangan mulai dari kue-kue tradisional, makanan hasil pertanian dan hasil laut yang dikemas dalam wadah besar yang juga sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmatNya di daerah.
Wakil Bupati menegaskan festival Palelat harus dilestarikan, selain kental dengan nuansa budaya dan religi, baginya kegiatan ini juga menjadi ajang investasi pariwisata serta media untuk menjalin kerjasama dan pengembangan komiditas pariwisata sebagai sektor unggulan.
Disamping sebagai media positif untuk mengembangkan makanan tradisional hasil alam Bolmut. Diharapkan pula rangkaian kegiatan ini akan semakin memantapkan eksistensi Bolmut sebagai salah satu daerah tujuan pariwisata di Sulut.
Turut hadir Kepala BPNB Provinsi Sulut Apolos Marisan, S.Sos, Unsur Forkopimda, Ketua Lembaga Aliansi Adat Bolmut Hi. Kamarudin Babay, Pimpinan Perangkat Daerah terkait, tokoh-tokoh agama, adat dan masyarakat.(ano)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram
WeChat