Maurits Mantiri Buka Diskusi Forum NSSA, Jelaskan Pemahaman Pancasila dan Digitalisasi Kota Bitung

oleh -1383 Dilihat

Bitung- Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM membuka kegiatan forum diskusi North Sulawesi Student Association Kota Bitung yang bertempat di S. H. Sarundajang Hall, kantor wali Kota Bitung. (Rabu 24/5/2023).

Wali Kota Bitung Maurits Mantiri dalam sambutannya menceritakan pengalaman saat berada di jawa tengah tepatnya di daerah Sleman dalam kurun waktu satu bulan, saat itu wali kota MM ditempatkan
untuk belajar tentang kehidupan masyarakat tingkat bawah.
“Waktu itu bisa memahami betul apa yang menjadi problema dari masyarakat, serta benar-benar memahami tentang pemahaman Pancasila yang salah satunya adalah Gotong Royong.” Kata Mantiri.
Lanjutnya, Visi Misi Pemerintah Kota Bitung sendiri berlandaskan dari Pemahaman Pancasila itu sendiri, seiring dengan perubahan di zaman now, jika Kita tidak mempersiapkan generasi muda kita dengan pengetahuan, maka Bonus Demografi akan menjadi sia-sia.
“Kita mengetahui bahwa, Bonus Demografi saat ini adalah mereka berusia 15-64 tahun, dalam usia produktif lebih besar dari mereka yang ada di usia nonproduktif.” Jelasnya.

Sementara itu, wali kota Maurits Mantiri juga menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Kota Bitung terus bergerak cepat bagaimana digitalisasi itu masuk kesemua lini. Beberapa program yang telah dan sementara dilakukan yaitu, Pelayanan Publik berbasis Digital ( 1000 Titik Wifi (telah terpasang 780 titik), Fast respon 112, Ruang Sepakat, KP3B (fast respon di facebook), Aplikasi Bitung DC ; Infrastruktur TIK Bitung Satu Data (Micro Data), Command Center, Aplikasi MHDoc, Smart Presensi, Aplikasi Pangkat Digital (ApDI), BSD (BerkasScan Digital), Google Cloud ; Ekosistem StartUp dan Kewirausahaan Digital, Bitung Creative Center, Bitung Art Galery, UMKM Ketuk Pintu, UMKM Corner, PLUT, Cashless System ; Pendidikan dan Literasi Digital, Google for Education, GASING ; Promosi Pariwisata Digital, Hybrid Event, Digital Nomad.

“Digital nomad adalah sebutan untuk orang yang dapat bekerja dari mana saja di dunia, selama memiliki akses internet yang stabil. Mereka dapat bekerja dengan menggunakan laptop, smartphone, atau perangkat lainnya, dan dapat bekerja secara mandiri atau bergabung dengan tim yang terpisah secara geografis. Saat ini Kota Bitung sedang dalam persiapan menuju City of Nomads, bahkan di akhir tahun 2023 ini, sebanyak 100 orang Digital Nomad akan datang ke Kota Bitung. Jadi, apa yang bisa dilakukan para anak muda untuk ikut terlibat dalam mengembangkan digitalisasi di Kota Bitung ? Let’s Discuss.” Ungkap Wali Kota Bitung.

Kegiatan yang bertemakan “Peran pemuda dalam pembangunan daerah Kota Bitung di era digitalisasi”, turut menghadirkan Narasumber para anak muda Kota Bitung antara lain, Rendy Rompas,SH Ketua KNPI Kota Bitung dan Imanuel Kawengian Ketua Generasi Milenial Hebat (GEMAH) Kota Bitung serta juga hadir Founder North Sulawesi Student Association,Veisy DiantyLengkey, S. Farm dan Korwil NSSA Kota Bitung, Pricilia Worang.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.