Bukti Kerja Keras ODSK, Pemerintah Pusat Puji Potensi dan Capaian Sektor Perikanan di Sulut

oleh -145 Dilihat
oleh

SUARASULUT.COM,MANADO—Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, semua sektor terus mengalami kemajuan, kendati di tengah pandemi covid 19.

OD-SK dalam kepemimpinan, memasuki Semester I  Periode kedua, terus memantapkan Visi dan Misi termasuk Program Unggulan Industri Perikanan.

Terobosan demi terobosan terus dilakukan Pemprov Sulut, membuat Pemerintah pusat sangat bangga dengan Potensi Perikanan di Sulut,  bahkan berbagai program dilakukan Gubernur Olly dan Wabup Steven.

Sektor perikanan, sangatlah di dukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan yang tentu support ini,  membawa dampak positif mendorong peningkatan sektor kelautan darat dan laut .Inilah memotivasi, sehingga walaupun dimasa pandemik, sektor perikanan tetap berkontibusi aktif.

Gubernur Olly Dondokambey dan wakil gubernur Steven Kandouw, berharap tren positif yang tumbuh di masa pendemi ini bisa terus di pertahankan bahkan di tingkatkan.

Gubernur dan Wabup dalam berbagai kesempatan selalu mengingatkan bahwa koordinasi dan  sinergitas itu penting.

Hasilnya ada beberapa kemudahan yang di dapat antara lain Perizinan kapal tangkap, Perizinan kapal nelayan dan Para Petambak dijanjikan akan mendapatkan bantuan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut, Tienneke Adam, pun memprediksi tahun ini Sektor Perikanan  bakal menggeliat.

Terlihat data yang bersumber dari dinas perikanan per semester I (Februari hingga Juli 2021

Dimana ada capaian dan terobosan dan Inovasi  seperti  Restocking benih ikan di laut dan Perairan Umum Daratan sebanyak kurang lebih 255.000 ekor benih.

Ada juga Rehabilitasi Unit Pengelola Ikan/UPI UMKM sebanyak 6 unit di Minut, Manado dan Mitra, Pelayanan on line gratis Tanda Daftar Kapal Perikanan (e-TDKP) <5 GT dan fasilitasi penerbitan pas kecil kapal.

Selain itu, Pengembangan sarana dan prasarana pelabuhan perikanan berlokasi di Pelabuhan Pantai Tumumpa Manado,.Belang Mitra, Dudepo Bolmong, Ulu Siau Kepl Sitaro dan Tanjung Sidupa Boltim.

Terobosan lainnya untuk membuka ekspor langsung/direct call Manado-Jepang (NARITA) di mulai pada 23 September 2020; Penetapan Perda  Sulawesi Utara Nomor 1 Tahun 2017 tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan pulau-pulau kecil tahun 2017-2037, merupakan Perda I di Indonesia terkait tata ruang laut.

Fasilitas penetapan Pelabuhan Perikanan Salibabu Kepulauan Talaud sebagai Proyek Strategis Nasional. Inovasi lain dilakukan, Restrukturasi Armada Perikanan, Peningkatan Sistem Rantai Dingin, Pengembangan dan Pemanfaatan Pelabuhan Perikanan, Penguatan Kelembagaan Kelompok, Pengembangan Sarana/ prasarana perikanan tangkap, budidaya dan pengolahan dan Perlindungan dan pemberdayaan nelayan (Sehat nelayan, sehat pembudidaya, asuransi nelayan).(wal/Adve Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.