Menko Luhut:Jangan Buang Sampah Plastik di Laut

SUARASULUT.COM,MANADO– Menko Kemaritiman dan investasi Republik Indonesia, Luhut Panjaitan meminta para Bupati dan walikota se-Sulawesi Utara melakukan gerakan masif memerangi sampah plastik.
“Sampah plastik ini musuh kita bersama. Semua harus ikut menyosialisasikan, terlebih jangan buang di laut jika ingin generasi kita kedepan selamat,” tegas Luhut saat membuka Archipelagic and Island States (AIS) Startup and Business Summit 2019, di Manado, Kamis (31/10) pagi di kawasan Megamas.
Menko Luhut mengingatkan bahwa saat ini ikan-ikan di laut sudah tercemar sampah plastik karena mereka memakan sampah plastik dan jika seorang ibu hamil mengkonsumsi ikan yang sudah tercemar plastik maka keturunannya bisa menderita stunting (kuntet).
“Hasil studi dari Harvard Medical School menyatakan 50% ikan di laut sudah tercemar,” ujar Menko Luhut.
Indonesia sebagai negara produsen sampah plastik laut no.2 setelah China, dengan produksi sampah mencapai 1 juta ton per tahun atau setara dengan 1 truk sampah plastik ditumpahkan setiap 10 menit ke laut.
Menko Luhut meminta para walikota dan Bupati membuat regulasi hukum terkait sampah plastik. Karena pemerintah provinsi dan kabupaten sudah diberi wewenang oleh undang-undang.
Perbaikan sistem pengelolaan sampah padat sudah diatur oleh UU no.18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, termasuk wewenang dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota/Kabupaten.(wal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *